Lagu Bali Yang Paling Populer Sepanjang Masa

Posted by Author Monday, September 2, 2013 0 comments
"Meong-meong" adalah judul lagu bali yang paling populer dari masa ke masa, lagu ini sudah ada sejak Bapak saya masih anak-anak, penciptanya tak diketahui, bisa dinyanyikan oleh anak-anak TK sampai orang tua di bali. Lagu "meong-meong" adalah lagu anak-anak yang sangat pendek, mungkin karena itulah lagu ini menjadi lagu populer karena mudah dihafal dan dinyanyikan. Lagu ini menceritakan tentang "Tom and Jerry" atau dalam bahasa indonesia "tikus dan kucing". Berikut lirik lagunya,

Meong-meong alih je bikule
bikul gede-gede buin mokoh-mokoh
Kereng pesan ngerusuhin

Yang artinya kurang lebih sebagai berikut,

Kucing-kucing cari dong si tikus
tikus besar-besar dan gemuk-gemuk
suka sekali bikin rusuh

Dari nada-nada pentatonik sampai nada jazz, dari lirik berbahasa bali 100% sampai lirik berbahasa campuran, lagu bali terus berkembang. Memasuki milenium ke-3 sekitar awal tahun 2000-an lagu bali dipresentasikan dengan lebih inovatif, lahirnya group band dengan lagu berbahasa bali menjadi awal perkembangan lagu bali yang semakin pesat.

Pergeseran orientasi musik menuju musik industri membawa pengaruh besar terhadap perkembangan lagu bali, tidak hanya sebagai hiburan, lagu bali mulai dilabeli dengan cita rasa komersil yang melekat dalam musik industri. Lagu pop bali masa kini begitu dinamis, dibawakan dengan sentuhan modern oleh kelompok band dan penyanyi yang bisa dipastikan memiliki akun facebook dan twitter sebagai wadah untuk para fans yang tidak kalah fanatiknya dengan fans group band dan penyanyi nasional.

Bangga, itulah perasaan yang seharusnya ada dalam diri musisi lokal bali. Tetapi ironi selalu ada dalam kehidupan, setiap lagu baru yang booming biasanya tidak bertahan lama dan akan tenggelam seiring dengan waktu, apalagi lagu yang ga booming, hehehe...

Kita tidak akan pernah tahu apakah lagu-lagu yang lahir di masa kini akan selalu dikenang sepanjang masa sebagaimana beberapa lagu pendahulunya yang boleh dikatakan sebagai cikal bakal lagu-lagu bali masa kini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lagu Bali Yang Paling Populer Sepanjang Masa
Ditulis oleh Author
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://erianajayadi.blogspot.com/2013/09/lagu-bali-yang-paling-populer-sepanjang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Artikel Eriana Jayadi.